Tak Hanya Suara Dentuman, Ini Deretan Suara Misterius dari Langit

Tak Hanya Suara Dentuman, Ini Deretan Suara Misterius dari Langit thumbnail
Belum dipastikan asal suara dentuman yang terdengar di Depok dan Jakarta dini hari tadi. Ternyata hingga sekarang ada sederet suara misterius dari langit.antvklik.com - Fenomena suara misterius dari langit sudah terdengar lama di berbagai negara. Ada yang terdengar seperti suara dentuman, ada pula seperti suara berdengung.Hingga kini para ilmuwan dunia masih berupaya menguak apa yang…

Belum dipastikan asal suara dentuman yang terdengar di Depok dan Jakarta dini hari tadi. Ternyata hingga sekarang ada sederet suara misterius dari langit.

antvklik.com – Fenomena suara misterius dari langit sudah terdengar lama di berbagai negara. Ada yang terdengar seperti suara dentuman, ada pula seperti suara berdengung.

Hingga kini para ilmuwan dunia masih berupaya menguak apa yang menyebabkan fenomena itu. Berikut deretan suara misterius dari langit:

The Hum

Adalah fenomena yang melibatkan suara berdengung atau gumanan dengan frekuensi rendah. Suara ini dilaporkan terdengar di beberapa tempat, seperti di Inggris, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Menurut pengakuan orang yang pernah mendengarnya, suara ini mirip gumanan bernada rendah, seperti suara mesin. Namun tidak semua orang mendengarnya dengan jelas.

Hingga kini fenomena suara tersebut masih jadi misteri para ilmuwan dunia. Namun sederet teori muncul, antara lain suara ini akibat buatan manusia, getaran gelombang mikro dan gelombang elektromagnetik akibat meteor.

Terompet

Sejumlah orang dari berbagai negara mendengar suara aneh dari langit seperti bunyi terompet. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai suara terompet sangkakala.

Beberapa tahun lalu yang sempat bikin geger dunia setelah video dari YouTube di sebuah negara yang menunjukkan tiba-tiba terdengar suara seperti terompet. Belakangan video viral itu akhirnya terbukti hanyalah rekayasa alias hoaks belaka.

Namun selain video hoaks itu, fenomena suara terompet langit juga sempat terdengar di berbagai belahan dunia lain.

Banyak yang mengaitkannya dengan fenomena suara dentuman atau skyquake. Namun suara keduanya sangatlah berbeda. Hingga kini, fenomena itu masih jadi misteri dari para ilmuwan.

Skyquake

Gempa langit, begitu sebutannya, merupakan fenomena yang hingga sekarang masih terus diperbincangkan dan diperdebatkan.

Seperti bunyi dentuman yang terdengar di Depok dan Jakarta pada Sabtu (11/4/2020) dini hari, ada yang mengaitkannya dengan fenomena skyquake.

Fenomena ini terjadi saat langit tiba-tiba mengeluarkan bunyi yang sangat keras, seperti seakan sedang terjadi gempa di langit.

Warga di berbagai belahan dunia sudah melaporkan pernah mendengar suara dentuman misterius ini, seperti di India, Amerika Serikat, Jepang, Australia, Belanda dan Argentina.

Sebagian mengaitkan fenomena ini dengan keberadaan makhluk asing dari luar angkasa alias alien. Namun, para ilmuwan lebih percaya dengan teori radio dan aktivitas matahari.

Suara Aurora

Aurora atau cahaya kutub adalah fenomena alam yang terlihat seperti pancaran cahaya menyala-nyala.

Fenomena ini terjadi pada lapisan ionosfer Bumi akibat adanya interaksi antara medan magnetik Bumi dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Namun ternyata fenomena ini memiliki suara tersendiri. Disebutkan, suara aurora seperti mendesis, letusan dan pecahan yang samar.

Suara ini dapat didengar dari Bumi, namun hingga sekarang para ilmuwan masih bingung menentukan sebab pasti dari suara tersebut. Mereka menduga, suara aurora terjadi akibat aliran listrik yang terbentuk di atmosfer Bumi.

Baca juga:

Read More