Dampak Corona, iPhone Terjual Tak Sampai 500 Ribu Unit di Tiongkok | merdeka.com

Dampak Corona, iPhone Terjual Tak Sampai 500 Ribu Unit di Tiongkok | merdeka.com thumbnail
Logo Apple. ©2020 Reuters Merdeka.com - Bisnis Apple di Tiongkok mendapat pukulan keras akibat virus corona, terutama di bulan Februari lalu. Pasalnya berdasarkan laporan dari Pemerintah Tiongkok yang dikutip Reuters, pengkapalan iPhone di Tiongkok pada bulan Februari hanya 494.000 unit. Angka ini turun jauh dari 1,27 juta yang dikapalkan pada Februari 2019. Yang menderita karena…

Dampak Corona, iPhone Terjual Tak Sampai 500 Ribu Unit di TiongkokLogo Apple. ©2020 Reuters

Merdeka.com – Bisnis Apple di Tiongkok mendapat pukulan keras akibat virus corona, terutama di bulan Februari lalu.

Pasalnya berdasarkan laporan dari Pemerintah Tiongkok yang dikutip Reuters, pengkapalan iPhone di Tiongkok pada bulan Februari hanya 494.000 unit.

Angka ini turun jauh dari 1,27 juta yang dikapalkan pada Februari 2019.

Yang menderita karena dampak corona sebenarnya bukan hanya Apple saja. Pasalnya, pemerintah Tiongkok mengungkap adanya penurunan secara keseluruhan di pasar smartphone.

Bahkan, penurunan ini secara prosentasi tercatat di angka 54,7 persen, yakni dari 14 juta di tahun lalu ke hanya 6,34 juta di tahun ini.

Untuk Android saja, pengkapalan turun darui 12,72 juta unit ke hanya 5,85 juta unit saja.

1 dari 2 halaman

Kekurangan Stok Ancaman Penundaan Peluncuran iPhone Baru

Apple sendiri mengalami berbagai kendala terkait viruscorona. Berdasarkan laporan dari Bloomberg yang berbicara dengan salah satu karyawan Apple Store, stok iPhone akan tipis selama beberapa minggu ke depan.

Hal ini secara khusus juga mempengaruhi pasokan dari iPhone, termasuk iPhone 11 yang jadi salah satu smartphone terlaris di dunia. Tak cuma perangkat iPhone, iPad Pro stoknya juga makin menipis dan tidak ada pasokan perangkat juga telah habis.

Selain itu, melansir laporan Phone Arena yang mengutip Jon Prosser dari Front Page Tech, rencana Apple di sepanjang tahun 2020 nampaknya bakal terguncang karena corona.

Seperti rencana Apple yang akan mengumumkan beberapa produk di Maret ini. Namun, dilaporkan bahwa acara ini telah dibatalkan. Acara ini sebelumnya bakal digelar pada 31 Maret dengan sang VP Pemasaran yakni Phil Schiller yang akan memimpin acara.

Meski demikian, Apple tidak melakukan konfirmasi atas hal ini karena memang acara ini belum pernah diumumkan.

Dalam acara tersebut, Apple sebenarnya juga dijadwalkan untuk memperkenalkan iPhone 9 dan juga iPad Pro 2020. Namun hal ini juga harus ditunda karena masalah besar di proses produksinya.

Jangankan di proses produksi yang melibatkan rantai pasokan yang sangat terhambat karena corona, bahkan permintaan pembelian smartphone di seluruh dunia pun tercatat sedang lesu.

Di Tiongkok, pasar Apple terbesar kedua setelah AS, kini penjualannya turun 60 persen.

Selain itu, tutupnya banyak toko resmi Apple tentu akan menghambat penjualan iPhone 9 dan juga iPad Pro baru jika tetap diperkenalkan dan dirilis.

Disebut dalam laporan, kedua gadget ini mungkin akan sekadar diperkenalkan pada WWDC 2020.

2 dari 2 halaman

iPhone 12 Series Ditunda?

Gelaran besar Apple selanjutnya adalah WWDC yang merupakan pertemuan rutin developer Apple, serta acara tahunan September, di mana raksasa Cupertino tersebut merilis iPhone terbaru.

Dilaporkan, WWDC belum dibatalkan, namun “dimodifikasi” untuk tidak melakukan kontak langsung antar pengembang. Hal ini menyiratkan bahwa WWDC hanya akan digelar secara online.

Namun jika situasi corona berkembang ke arah lebih baik, rencana ini tentu bisa berubah.

Soal acara September di mana iPhone 12 Series diperkenalkan, dilaporkan bakal ditunda. Karena laporan tersebut mengungkap bahwa uji coba purwarupa dari iPhone 12 banyak terhenti dan tidak jalan.

Disebut bahwa meski tetap diperkenalkan, iPhone 12 Series akan terlambat dirilis. Ini akan jadi situasi yang sama setelah dahulu iPhone X juga tertunda rilisnya karena komponen yang susah diproduksi. [idc]

Baca juga:

Apple Watch Segera Usung Fitur Pendeteksi Oksigen Dalam Darah

Di iOS 14, Apple Akan Beri Fitur ‘Unsend’ Untuk iMessages

iPhone 12 Series Akan Usung Layar Dengan Kecepatan refresh 120Hz?

Apple Akan Hadirkan Homescreen Berupa List Aplikasi di iOS 14

Apple Dilaporkan Tunda Peluncuran iPhone 9 dan iPhone 12

Dampak Corona, Karyawan Apple di Seluruh Dunia Diimbau Untuk Kerja Dari Rumah

Read More