Foto Mars Paling Detail Dirilis Pertama Kali Sepanjang Sejarah

Foto Mars Paling Detail Dirilis Pertama Kali Sepanjang Sejarah thumbnail
Foto Mars paling detail dan jelas yang dirilis NASA. Foto: NASA.Foto Mars paling detail resmi dirilis lembaga antariksa NASA belum lama ini. Disebut paling detail karena memang foto ini memiliki resolusi tinggi.Dimana foto beresolusi tinggi seperti ini belum pernah diungkap sebelumnya. Tak heran jika foto penampakan Mars kali ini sangat menyedot perhatian publik.Dengan adanya foto…
Foto Mars Paling Detail
Foto Mars paling detail dan jelas yang dirilis NASA. Foto: NASA.

Foto Mars paling detail resmi dirilis lembaga antariksa NASA belum lama ini. Disebut paling detail karena memang foto ini memiliki resolusi tinggi.

Dimana foto beresolusi tinggi seperti ini belum pernah diungkap sebelumnya. Tak heran jika foto penampakan Mars kali ini sangat menyedot perhatian publik.

Dengan adanya foto terbaru dan detail, maka publik bisa memiliki gambaran bagaimana kondisi dan suasana di planet Merah saat ini.

Foto Mars Paling Detail

Foto penampakan planet Mars berhasil diungkap oleh Curiosity. Curiosity sendiri adalah kendaraan robot seukuran mobil milik NASA.

Robot penjelajah planet Mars ini memperlihatkan panorama 1,8 miliar piksel yang sekilas seperti pegunungan di Bumi. Untuk diketahui, foto ini adalah gabungan dari 1.000 gambar lebih.

Gambar-gambar tersebut didapatnya dari 24 November sampai dengan 1 Desember 2019 sebelum akhirnya ramai diperbincangkan di bulan Maret 2020 ini.

Meski mengingatkan kita dengan pegunungan yang ada di planet Bumi, namun tidak sepenuhnya bisa disamakan. Hal ini dikarenakan bagian kawah dalam foto Mars paling detail ini selebar 3 mil.

Perihal lokasinya, robot Curiosity ternyata mengambil jepretan foto di Glen Torridon. Dimana Glen Torridon adalah sebuah tempat yang menjadi bagian Gunung Sharp di Mars.

Dalam meneliti foto Mars baru ini, tentu bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, tim Curiosity membutuhkan waktu selama 4 hari untuk menganalisisnya.

Dengan waktu 4 hari tersebut, tim Curiosity menghabiskan waktu sekitar 6 jam 30 menit untuk menelitinya. Bisa dilihat seberapa kerasnya perjuangan untuk menunjukkan foto Mars yang paling jelas ini.

Dari perjuangan yang dilakukan untuk menelitinya, terbukti hasil yang didapat tidaklah mengecewakan. Foto Mars paling detail dengan resolusi tinggi ini terlihat memiliki pencahayaan yang tepat.

Hal ini tentu saja bisa menyamarkan kekurangan robot Curiosity yang hanya dapat memotret pemandangan Mars dari siang sampai pukul 14.00 saja.

Dalam keberhasilan menampilkan pemandangan Mars yang paling jelas, ilmuwan proyek Curiosity yang ada di Jet Propulsion Laboratory NASA menyampaikan kebahagiaannya.

Diakuinya bahwa foto ini menjadi kali pertama selama mereka fokus pada panorama stereo 360 derajat. Oleh karenanya, apa yang diupayakan oleh tim ini patut diapresiasi.

Mengenal Robot Curiosity NASA

Perlu untuk anda ketahui, ternyata bukan hanya foto Mars paling detail saja yang mencuri perhatian publik, akan tetapi juga robot penjelajah Curiosity.

Tak mengherankan karena keberhasilan dalam mengungkap penampakan Mars memperlihatkan betapa canggihnya robot ini.

Untuk diketahui, robot Curiosity diluncurkan ke Mars pada tanggal 26 November 2011. Hampir satu tahun kemudian, robot ini sudah bisa melakukan pendaratan di Mars, tepatnya pada 5 Agustus 2012.

Setiba di Mars, robot Curiosity menjelajahi kawasannya tanpa henti dengan membawa misi untuk meneliti Mars sebagai hunian manusia masa depan.

Dari misi tersebut, robot Curiosity digunakan untuk mengungkap apakah planet Merah ini bisa menunjang kehidupan atau tidak.

Melihat misi yang dipercayakan pada Curiosity tidaklah main-main, maka bekalan teknologi dan komponen yang disematkan padanya sangatlah canggih.

Diketahui bahwa robot Curiosity ini didukung dengan Mast Camera. Dimana komponen ini yang berperan penting dalam mengabadikan foto Mars paling detail.

Untuk mendapatkan hasil jepretan yang tepat, Mast Camera diletakkan di ketinggian enam setengah kaki. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa foto baru kali ini begitu jelas.

Bukan hanya Mars Camera saja, robot Curiosity juga dibekali dengan 17 kamera dan 10 alat sains. Hal ini dilakukan agar misinya membuahkan hasil yang memudahkan ilmuwan dalam melakukan penelitian.

Fakta Menarik Lainnya

Tak bisa dipungkiri bahwa rilisnya foto Mars paling detail untuk pertama kalinya ini memiliki banyak fakta menarik. Adapun salah satunya yaitu Curiosity turut meneliti fosfor, nitrogen, dan bahkan oksigen yang ada di planet Mars.

Dalam menjelajahi planet Mars sendiri, setidaknya sudah menghabiskan dana 2,5 miliar dolar untuk bisa mendaratkan robot Curiosity.

Selain itu, ilmuwan juga meyakini bahwa miliaran tahun yang lalu, ada kawasan Mars yang merupakan sungai dan danau. Hal ini diperkirakan ketika mengamati foto Mars terbaru.

Lebih menarik lagi karena anda bisa melihat maupun memperbesar foto Mars paling detail melalui web Jet Propulsion Laboratory. (R10/HR-Online)

Read More