Ruang Lingkup Ekologi

LancangKuning.com - Beberapa penelitian ekologi juga menerapkan aspek fisika dan juga kimia, dan sering menggunakan model matematika. Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru Lingkup Ekologi Tingkat Studi Ekologis Ketika suatu ilmu layaknya biologi dipelajari, sering kali bermanfaat untuk membaginya menjadi bidang-bidang yang lebih kecil dan terkait. Sebagai contoh, ahli biologi sel yang tertarik dengan pensinyalan…

LancangKuning.com

Beberapa penelitian ekologi juga menerapkan aspek fisika dan juga kimia, dan sering menggunakan model matematika.

Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

Lingkup Ekologi

  • Tingkat Studi Ekologis

Ketika suatu ilmu layaknya biologi dipelajari, sering kali bermanfaat untuk membaginya menjadi bidang-bidang yang lebih kecil dan terkait. Sebagai contoh, ahli biologi sel yang tertarik dengan pensinyalan sel perlu memahami kimia molekul sinyal (yang biasanya merupakan protein) serta hasil pensinyalan sel.

Ahli ekologi tertarik pada faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kelangsungan hidup spesies yang terancam punah mungkin menggunakan model matematika sebagai cara memprediksi bagaimana upaya konservasi saat ini mempengaruhi organisme yang bisa terancam punah.

Para ahli ekologi mempelajari dalam beberapa level biologis organisasi. (kredit “organisme”: modifikasi pekerjaan oleh “Crystl” / Flickr; kredit “ekosistem”: modifikasi pekerjaan oleh Tom Carlisle, Kantor Pusat Layanan Ikan dan Margasatwa AS; kredit “biosfer”: NASA)

  • Ekologi Organisme

Para peneliti yang mempelajari ekologi di tingkat organisme tertarik pada adaptasi yang memungkinkan individu untuk hidup pada habitat tertentu. Adaptasi ini dapat berupa morfologis, fisiologis, dan perilaku. Misalnya, kupu-kupu biru Karner (Lycaeides melissa samuelis) ([tautan]) dianggap sebagai spesialis karena betina lebih suka oviposit (yaitu, bertelur) pada lupin liar. Adaptasi istimewa ini berarti bahwa kupu-kupu biru Karner sangat tergantung pada keberadaan tanaman lupin liar untuk kelangsungan hidupnya.

Baca juga : Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Industri

Kupu-kupu biru Karner (Lycaeides melissa samuelis) adalah kupu-kupu langka yang hanya hidup di daerah terbuka dengan sedikit pohon atau semak, seperti tong kayu pinus dan sabana ek. Itu hanya bisa bertelur di tanaman lupin. (kredit: modifikasi pekerjaan oleh J&K Hollingsworth, USFWS)

  • Ekologi Populasi

Suatu populasi adalah sekelompok organisme yang kawin campur yang merupakan anggota dari satu spesies yang hidup pada wilayah yang sama pada waktu yang bersamaan. (Organisme yang semua anggota spesiesnya sama disebut sejenis). Suatu populasi diidentifikasi, sebagian, di mana ia tinggal, dan wilayah populasinya mungkin memiliki batas alami atau buatan: batas alam mungkin sungai, gunung, atau gurun, sementara contoh batas buatan meliputi rumput yang dipotong, struktur yang dibuat oleh manusia, atau jalan.

Studi tentang ekologi populasi berfokus pada jumlah individu di suatu daerah dan mengapa serta bagaimana ukuran populasi dapat berubah dengan seiring waktu.

  • Ekologi Komunitas

Komunitas biologis terdiri dari spesies yang berbeda dalam suatu area, biasanya ruang tiga dimensi, dan interaksi di dalam dan di antara spesies ini. Ahli ekologi komunitas tertarik dengan proses yang mendorong interaksi ini dan konsekuensinya. Pertanyaan-pertanyaan tentang interaksi sejenis sering berfokus pada persaingan antara anggota spesies yang sama untuk sumber daya yang terbatas.

Ahli ekologi juga mempelajari interaksi dari berbagai jenis spesies. Anggota  spesies yang berbeda disebut heterospesifik. Contoh interaksi heterospesifik termasuk predasi, parasitisme, herbivora, kompetisi, dan penyerbukan. Interaksi ini dapat memiliki efek pengaturan pada ukuran populasi dan dapat berdampak pada proses ekologis dan evolusi yang mempengaruhi keanekaragaman.

Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

  • Ekologi Ekosistem

Ekologi ekosistem adalah perpanjangan dari ekologi organisme, populasi, dan juga komunitas. Ekosistem terdiri dari semua komponen biotik (makhluk hidup) di suatu daerah bersama dengan komponen abiotik (makhluk tidak hidup) dari daerah itu. Beberapa komponen abiotik termasuk udara, air, dan tanah. Ahli biologi ekosistem bertanya tentang bagaimana nutrisi dan energi disimpan dan bagaimana mereka bergerak di antara organisme dan atmosfer, tanah, dan air di sekitarnya.(Bagas)

Read More