7 Buah yang Baik untuk Meredakan Demam, Solusi Selain Minum Obat

7 Buah yang Baik untuk Meredakan Demam, Solusi Selain Minum Obat thumbnail
Bola.com, Jakarta - Demam bisa diturunkan dengan beberapa cara secara alamiah. Buah yang baik untuk meredakan demam merupakan salah satu solusi bagus selain minum obat. Tidak hanya dapat digunakan untuk anak-anak saja, buah-buahan ini juga bisa menjadi solusi tepat untuk meredakan demam orang dewasa. Demam merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi. Biasanya, kenaikan suhu…

Bola.com, Jakarta – Demam bisa diturunkan dengan beberapa cara secara alamiah. Buah yang baik untuk meredakan demam merupakan salah satu solusi bagus selain minum obat.

Tidak hanya dapat digunakan untuk anak-anak saja, buah-buahan ini juga bisa menjadi solusi tepat untuk meredakan demam orang dewasa.

Demam merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi. Biasanya, kenaikan suhu tubuh membantu tubuh menyelesaikan infeksi. Ketika demam, apa yang Anda makan atau minum turut menentukan keberhasilan tubuh melawan penyakit.

Buah yang baik untuk meredakan demam biasanya memiliki kandungan air yang melimpah. Sebagai salah satu kunci menghadapi demam, Anda bisa mengonsumsi buah-buah untuk mencukupi kebutuhan cairan guna mempercepat pemulihan.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020), tentang buah yang baik untuk meredakan demam.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah terbaik untuk meredakan demam karena manis, sehat, kaya air, dan bersifat mendinginkan tubuh.

Semangka membantu kamu tetap terhidrasi dan mempercepat proses pemulihan dan metabolisme energi dalam tubuh. Makan beberapa irisan semangka setelah makan berat bisa membantu mengendalikan panas tubuh.

Buah-buahan Jeruk

Buah yang baik untuk meredakan demam selanjutnya adalah Jeruk. Buah jeruk, seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali, mengandung kadar flavonoid dan vitamin C yang tinggi.

Buah ini bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu melawan demam.

Alpukat

Alpukat merupakan buah rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak. Secara khusus, alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun.

Alpukat juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang dapat mempercepat penyembuhan saat sakit.

Alpukat adalah makanan yang baik ketika sakit karena memberikan kalori, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Alpukat juga lunak, relatif hambar dan mudah dimakan anak. Karena lemak sehat yang terkandung dalam alpukat, terutama asam oleat, mereka membantu mengurangi peradangan sambil juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

Buah Beri

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang disebut quercetin, yang juga ditemukan dalam buah beri, dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Virus ini bertanggung jawab atas sebagian besar flu yang menyebabkan demam.

Beberapa jenis buah seperti stroberi, blueberry, dan cranberry juga kaya akan senyawa antosianin yang mampu melawan virus dan meredakan peradangan.

Manfaat ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Senyawa antosianin pada ekstrak buah mampu menghambat perlekatan bakteri dan virus pada sel tubuh. Senyawa ini pun terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang baik untuk meredakan demam. Kandungan anti-oksidan yang begitu banyak atau setara dengan 1.500 miligram vitamin C membuat apel sangat berguna untuk proses detoksifikasi tubuh.

Di sisi lain, kandungan zat flavonoid di dalam apel juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga secara efektif mengusir demam yang menyerang anak.

Cukup konsumsi potongan buah apel untuk meredakan demam yang kamu alami. Kamu juga bisa membuat jus apel dalam meredakan demam. Namun, jika anak muntah biarkan dulu perutnya beristirahat setidaknya selama 2 jam.

Pisang

Saat demam, seserang akan kehilangan banyak kalori, terutama pada anak-anak. Pisang merupakan jenis buah-buahan yang bisa membantu untuk mengembalikan kalori yang hilang tersebut.

Satu buah pisang terdiri atas rata-rata 105 kalori dan kandungan tinggi makronutrien seperti potasium, magnesium, dan gula alami. Segala kandungan itu akan membantu kamu mendapatkan energi kembali dan meredakan demam.

Anggur

Buah yang baik untuk meredakan demam selanjutnya adalah anggur. Anggur merupakan buah yang kaya akan serat. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam buah dengan rasa manis dan asam ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal itu karena anggur mampu meningkatkan jumlah sel T gamma dan delta di dalam tubuh. Imbasnya, segala virus dan bakteri bisa ditepis dan panas akibat demam bisa hilang secara efektif.   

Berita video Sportylife kali ini mengenal Hip Hop Yoga dari instrukturnya, Firda Firdaus Abdi. Yoga yang satu ini juga menjadi salah satu pilihan berkeringat para warga Jakarta.

Read More